Welcome to My Blog




Dwicahyo Aris Winarto

611090037








Tips Menjual Handphone Bekas Dengan Harga Tinggi

Tips Menjual Handphone Bekas Dengan Harga Tinggi

Menjual handphone bekas pasti berharap terjual dengan harga tinggi. Paling tidak mendekati harga pasaran. Apabila kondisi handphone masih dalam kondisi prima sebaiknya dijual ke pemakai langsung. Bisa teman, tetangga atau saudara. Keuntungannya:

- Harga jual bisa lebih tinggi
- Calon pembeli mudah percaya
- Menghindari kecurangan

Apabila harga pasaran handphone yang akan kita jual adalah 1 juta, berarti kira-kira harga jual ke pedagang sekitar 800-850 ribu. Padahal kalau dijual ke pemakai setidaknya 950 ribu pun masih lumrah.

Nah, jika calon pembeli langsung tidak ada, baru pakai tawarkan ke pedagang. Kita juga harus menyiapkan jurus-jurus agar bisa menangkis tawaran yang terlalu murah. Apa saja itu?

- Siapkan kelengkapan seperti dus, buku, charger dan piranti lainnya seperti kabel data, cd software, dll. Kelengkapan ini akan menambah nilai jual handphone kita. Makanya, simpan dus, buku, dll dengan rapih.

- Tawarkan ke toko yang yang sama tempat kita membeli handphone tersebut. Penjual tersebut pasti tahu riwayat handphone yang akan kita jual tanpa harus menjelaskan lebih rinci.

- Lihat harga pasaran. Dengan begitu kita bisa menebak seberapa besar si pedagang akan mengambil untung.

- Untuk mendapat harga tertinggi, jangan langsung deal di satu toko. Cari toko pembanding lainnya paling sedikit tiga sampai lima toko.

- Tak ada salahnya menjual di toko-toko pinggir jalan. Biasanya mereka mengambil keuntungan yang lebih kecil sehingga berani membeli dengan harga sedikit mahal.

- Cari momen yang pas seperti saat-saat lebaran, natal maupun tahun baru.

- Penjualan handphone baru atau bekas akan booming jika harga jual juga ikut melonjak dan penjual mengalami kesulitan mencari handphone bekas.Yang sama-sama kita ketahui, harga HP seken kadang-kadang berbanding lurus dengan bagus atau tidaknya kondisi HP. Namun apabila kita pintar-pintar mensiasati hal tersebut mungkin bisa lain ceritanya. Berikut ini adalah tips dan trik sederhana yang mungkin bisa Anda lakukan ketika Anda akan mejual HP seken Anda, tujuannya yaitu agar HP seken tersebut bisa laku dijual dengan harga tinggi.

1. Lengkapi semua paketan HP sebelum dijual kembali. Termasuk didalamnya adalah kardus, buku manual, kabel data, charger, baterai, kasing tambahan (kalau ada), kartu garansi (kalau masih ada)dan kartu memori.
Usahakan agar semuanya l,lengkap, dalam kondisi bagus dan sesuai dengan paketan barunya. Jika tidak, siasati dengan membeli paketan paketan yang hilang dengan yang baru, semisal kabel data atau charger. atau membersihkan paketan yang ada hingga terlihat seperti baru.


2. Bersihkan HP dari konten-konten pribadi semisal foto, sms, dan sebagainya. stelah itu kembalikan settingan HP kepengaturan awal. Lakukan ini dengan cara melakukan factory reset. Perlu di perhatikan untuk tipe-tipe HP tertentu, semisal Sony Ericsson lawas, Siemens, dan Ben-Q Siemens, factory reset bisa menghapus seluruh konten bawaan. Untuk jenis ini, cukup kembalikan setingan dengan cara manual. Bila Anda Berniat menjual HP-HP BlackBerry. Selain melakukan factory Reset, Anda yang sudah pernah mengaktifkan BlackBerry Internet Service di HP Anda harus mencabut akun BIS tersebut dengan mandatangi service center operator yang digunakan. Jangan lupa bawa identitas dan struk pembelian HP BlackBerry Anda. Proses tersebut dibutuhkan agar PIN HP Anda bebas dan bisa digunakan oleh pemilik berikutnya.


3. Tawarkan HP bekas pakai Anda pada orang yang membutuhkan, kerabat atau rekan terdekat terlebih dahulu. Cara ini dirasa lebih menguntungkan ketimbang langsung menjualanya ke toko. Pertimbangan utama, karena orang yang membutuhkan bisa memberikan harga yang sesuai dan tidak akan berada dibawah harga seken standar. Kedua, karena akan dipakai sendiri, maka cara ini akan menghilangkan hal-hal yang berbau mengambil keuntungan berlebih.

Disamping itu, menjual langsung ke perorangan akan memudahkan urusan lain yang muncul setelah transaksi.


4. Gunakan fasilitas iklan via situs internet. Bila kondisi barang Anda masih bisa dibilang bagus, coba tawarkan dikomunitas jual beli yang ada di internet. beberapa contohnya adalah forum jual beli (FJB) kaskus (http://www.kaskus.us/), Classfield Chip (http://www.chip.co.id), forum jual beli Kafe Gaul (http://www.kafegaul.com) dan lain-lain. Anda harus terdaftar di forum tersebut.


Tapi perlu diperhatikan sebelumnya, bahwa selain memiliki banyak kelebihan berinteraksi online memiliki sejumlah kelemahan yang bisa berakibat fatal. Tiap-tiap forum jual beli yang di sebutkan diatas memiliki reputasi yang cukup baik dan memiliki aturannya masing-masing. selama kita ikuti aturan tersebut saya rasa menawarkan barang di situs-situs tersebut sudah cukup aman.

Lakukan transaksi COD (Cash on Delivery) atau copy darat dengan bertemu langsung si calon pembeli agar lebih aman. Jika tidak memungkinkan, usahakan untuk menggunakan akun bank terpercaya.

Cara penjualan seperti ini dapat menarik calon pembeli dari seluruh Indonesia, bahkan dunia, selama mereka menjadi anggota forum. Kemungkinan terjual akan semakin luas.

Tapi jangan lupa siapkan dana tambahan untuk pengiriman. Dana tersebut bisa dimasukan dalam harga jual HP seken Anda, atau disepakati kemudian dengan si calon pembeli.

Beberapa perusahaan ekspedisi tidak menerima pengiriman HP seken, Tinggalkan saja! Beralihlah ke ekspedisi yang lebih baik, dengan catatan kita harus mengungkapkan isi paketan kita dengan jujur. Bila perlu kita harus meminta garansi dan ketentuan-ketentuan yang ditawarkan pihak ekspedisi untuk keamanan barang Anda.

Jujurlah saat menawarkan barang. Karena ini akan mempengaruhi reputasi Anda kemudian hari. Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa semua transaksi online memiliki tata cara dan tata krama-nya sendiri.


5. Sedikit tip untuk mereka yang mejual HP dengan kondisi ekstrim, semisal bekas jatuh atau terendam air, jangan sampai Anda menyembunyikan kondisi ini. Saat di cek, bahkan oleh pengguna awam pun, kondisi ini akan terlihat dan reputasi Anda menjadi taruhannya.
Menjual Hp memang gampang-gampang susah. Terlebih lagi bila HP yang akan kita jual adalah salah satu produk vendor yang memang kurang dihargai saat dijual seken. seperti halnya barang elektronik lain, juga otomorif, ada beberapa merk yang laku dengan harga tinggi ketika dijual seken, ada pula yang sangat jatuh. Untuk masalah ini, patokannya adalah permintaan pasar.

Semoga dengan adanya tips ini bisa membatu Anda dalam urusan menjual HP seken ke pasaran namun dengan harga tinggi.

dari berbagai sumber



SEMOGA BERMANFAAT

1 Comment:

  1. mz aziz said...
    ane pengen jual hp second infonya sangat membantu gan nanti tak coba deh

Post a Comment



H4ck3d by Ciresoft49

H4ck3d by Ciresoft49
Koyo.. koyo... Mantap blogmu.. wkakakak

Download Game PC Free

Download Game Handphone Free

Download Lagu Barat

Mengenai Saya

Foto saya
Enak di Ajak Berteman,,, Para Pengunjung,,, DownLoad Lagu Aktive Band di Bawah ini Ya,,, Klik aja Tulisannya,,, Mohon Kritik dan Sarannya,,, ThanX

Tukeran Link

DownLoad Lagu Aktive Band

Link Download Lagu Aktive Band

Kumpulan Situs Resmi

    Grup Band Indonesia

    Grup Band Luar Negeri

    Klub Sepak Bola Indonesia

    Klub Sepak Bola Liga Inggris

    Klub Sepak Bola Liga Spanyol

    Klub Sepak Bola Liga Italia

    Klub Sepak Bola Liga Prancis

    Klub Sepak Bola Liga Belanda

    Klub Sepak Bola Liga Scotlandia